Sabtu, 18 Desember 2010

Posyandu Mekarsari 1

Pada hari Kamis tanggal 9 Desember 2010 yang lalu saya berkunjung ke Posyandu Mekarsari 1 dalam rangka penelitian untuk pembuatan makalah tentang Posyandu pada mata kuliah IKM. Posyandu yang saya kunjungi ini adalah posyandu balita dengan nama Posyandu Mekarsari 1. Kegiatan posyandu ini beralamat di Jalan Kebun Salak  RT 02/RW 06 kecamatan Kesugihan, kabupaten Cilacap. Kegiatan di Posyandu Mekarsari 1 dilaksanakan setiap tanggal 9 pada tiap bulannya. Pengunjungnya adalah balita-balita yang berada di kecamatan Kesugihan, lebih tepatnya di Dusun Salakan. Hal itu dikarenakan di kecamatan Kesugihan terdapat dua posyandu, yaitu Posyandu Mekarsari 1 dan Posyandu Mekarsari 2.
Posyandu Mekarsari 1 ini memiliki 5 kader yang bersemangat untuk mengajak ibu-ibu untuk senantiasa membawa putra-putrinya ke Posyandu. Mereka bernama Ibu Roaeni, Sukarti, Siti Wakingah, Silva Rina, dan Sakinem.

Tugas dari para kader dalam kegiatan posyandu menjalankan program 5 meja yaitu pendaftaran, penimbangan, pendataan, penyuluhan dan pemberian makanan tambahan. Menurut hasil wawancara saya dengan Ibu Roaeni, ketua Posyandu Mekarsari 1 (sekaligus tetangga saya, hehehe) dari waktu ke waktu kegiatan-kegiatan di posyandu ini berjalan dengan lancar. Program kerjanya pun mayoritas dapat terlaksana. Namun ada beberapa hal yang menjadi hambatan, seperti kurangnya partisipasi dan antusiasme para ibu yang sibuk bekerja untuk membawa anaknya ke Posyandu.
Berikut ini beberapa foto yang saya ambil pada saat pelaksanaan kegiatan di Posyandu Mekarsari 1:

 
Ibu kader memeriksa KMS

 
KMS

  
Penimbangan sepupu saya yang super gentong, hehehe

 
Perekapan data

 
Pemberian imunisasi oleh Ibu Bidan Emi

 
Pemberian makanan tambahan yang bergizi



"Aku anak sehat, tubuhku kuat
Karena Ibuku rajin dan cermat
Semasa aku bayi, slalu diberi ASI
Makanan bergizi dan imunisasi
Berat badanku ditimbang slalu
Posyandu menunggu setiap waktu
Bila aku diare, ibu telah waspada
Pertolongan ORALIT slalu siap sedia"
                                                                                          


0 komentar:

Posting Komentar