Minggu, 19 Desember 2010

Berkunjung ke Pos PAUD Temulawak 3

Sabtu, 18 Desember 2010 untuk mata kuliah Pancasila kelas saya yaitu kelas Pancasila B mengagendakan kunjungan ke Pos PAUD Temulawak 3 di desa Karang Gintung, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.
Kami berkumpul pukul 07.00 di PKM Unsoed.


 Bergaya dulu ah

 Breafing dulu sama Ketua Kelas sebelum berangkat

Sesampainya di pos PAUD Temulawak 3, kami disambut oleh para adik-adik PAUD yang tampak sangat ceria. Dan kamipun akhirnya bermain, bernyanyi riang bersama mereka.




 Sambutan dari ibu ketua Pos PAUD Temulawak 3


 Sambutan dari ibu pengurus.

Untuk mengakrabkan diri dengan anak-anak PAUD, kami memberikan games-games untuk anak dan memberikan hadiah bagi anak yang berani untuk beraksi didepan kami dan para ibu.Ternyata anak-anak dari Pos PAUD Temulawak 3 ini sangat berani dan atraktif, ada yang bernyanyi dengan bahasa inggris, berdoa, dan menari. Sebagai apreasiasi atas keberanian anak-anak ini kami memberikan bingkisan susu dan makanan ringan.






Setelah itu dilanjutkan acara games yang ke 2, yaitu bermain lingkaran mengejar mangsa bersama kami. Wah asyiiikk!!


Eh, sebelum melanjutkan permainan adik-adik diminta untuk membersihkan sampah sisa makanan ringan tadi lalu membuangnya ke tempat sampah. Ini merupakan salah satu bentuk ajaran dasar yang harus diterapkan kepada anak usia dini agar menjadi suatu kebiasaan yang baik. "Buanglah sampah pada tempatnya"



Ayo bermain keluar ruangan agar tak bosan.

 Tofa, si anak lincah

Berfoto bersama, cheeeers! :D










Saatnya pembelajaran kebiasaan mencuci tangan. Disini kami mengajari anak-anak mengenai bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun agar bakteri dan kuman-kuman jahat tidak menyerang.
 Singsingkan lenganmu agar baju tidak basah saat mencuci tangan.

Sembari menunggu air yang sedang diisi, ayo bermain dulu adik-adik.

 Mengantri giliran cuci tangan.

 Memberi contoh cara mencuci tangan yang baik oleh rekan saya Asri Arafah.

 Sabar ya adik-adik, airnya dibuka dulu sama kakak Maulana M. Harahap ya

 Si pemberani Fajri yang paling bersemangat mencuci tangannya


Setelah sesi mencuci tangan, saatnya bermain lagi :D





 Sementara anak-anak dan kami berbaur untuk bemain bersama, di dalam ruangan ada kajian singkat mengenai cara memasak yang baik dan benar agar tetap sehat oleh pembicara rekan saya Fitrianis Kharisma, Imasworo Nur Himmah, Zahra Kumala, dan Ariana.



 Dosen Pancasila kita Bapak Joko berpesan mengenai tujuan kunjungan tersebut.


Penyerahan sedikit bantuan untuk biaya pembangunan pagar keliling.

 Penyerahan bingkisan oleh Awal Ramanda, ketua anggkatan 2010.

 
Foto bersama, cheers!

Selesainya acara kunjungan kami, dengan harapan dapat sedikit memberi keceriaan kepada anak-anak di Pos PAUD Temulawak 3. Tak hanya keceriaan, kami juga berharap dengan kedatangan kami dapat memberi manfaat seperti pembelajaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan membiasakan untuk mencuci tangan dengan baik dan benar. Selain itu, sasaran kami juga targetkan untuk ibu-ibu dengan memeberikan penyuluhan singkat mengenai bagimana cara memasak yang sehat. Semoga kunjungan kami bermanfaat, dan sampai jumpa adik-adik semoga kita bisa bertemu di lain kesempatan. Tetap semangat belajar yah! :)

0 komentar:

Posting Komentar